Cari Blog Ini

Sabtu, 15 Januari 2011

PROGRAM LITBANG MEKANISASI PERTANIAN 2010-2014


PDF
Cetak
E-mail

Pada periode 2010-2014 Balai Besar Pengembangan Mekanisasi Pertanian , Badan Litbang Pertanian menetapkan kebijakan alokasi sumberdaya Litbang menurut komoditas prioritas ditetapkan oleh Departemen Pertanian terdiri dari Padi, Jagung, Kedelai, daging, dan Tebu. Sementara yang termasuk dalam 35 fokus komoditas yaitu: Pangan (padi, kedele, jagung, ubi kayu dan kacang tanah), hortikultura (kentang, cabe merah, bawang merah, mangga, manggis, pisang, anggrek, durian, rimpang dan jeruk )  ,   Perkebunan   (  kelapa sawit, karet, kelapa, kakao, kopi, lada, jambu mete, tanaman serat, tebu, tembakau,   dan    cengkeh ), serta Peternakan (sapi potong, kambing, domba, babi, ayam buras dan itik).

Atas dasar komoditas - komoditas yang telah ditetapkan tersebut di atas prioritas program perekayasaan / penelitian mekanisasi pertanian diarahkan untuk mendukung tercapainya target target pengembangan komoditas tersebut. Oleh karena itu program perekayasaan/penelitian dan pengembangan mekanisasi pertanian ditetapkan pada perioda 2010-2014 meliputi lima kegiatan utama, yaitu:
  1. Perekayasaan, penelitian dan pengembangan teknologi mekanisasi pertanian untuk peningkatan   produktivitas dan efisiensi pemanfaatan sumberdaya pertanian.
  2. Perekayasaan, penelitian dan pengembangan teknologi mekanisasi pertanian untuk peningkatan kualitas dan nilai tambah produk pertanian.
  3. Perekayasaan, penelitian dan pengembangan teknologi mekanisasi pertanian untuk manipulasi lingkungan serta pemanfaatan limbah dan sumberdaya energi di bidang pertanian.
  4. Penelitian, pengembangan dan penerapan teknologi mekanisasi pertanian berbasis kemitraan.
  5. Penelitian analisis kebijakan untuk percepatan pengembangan mekanisasi pertanian. 
Keluaran yang diharapkan dalam perioda 2010-2014 tersebut adalah terciptanya:
  1. Sembilan (9) Paket teknologi mekanisasi untuk peningkatan produktivitas dan efisiensi sistem produksi komoditas prioritas
  2. Tujuh (7) Paket teknologi mekanisasi untuk peningkatan kualitas dan nilai tambah produk pertanian prioritas dalam rangka peningkatan pendapatan petani.
  3. Empat (4) Paket teknologi mekanisasi untuk pemanfaatan limbah dan sumber energi terbarukan di bidang pertanian.
  4. Terdeseminasinya hasil hasil litbang mektan tersebut diatas
  5. Sepuluh (10) Paket bahan kebijakan untuk percepatan pengembangan mekanisasi pertanian mendukung pembangunan pertanian 
 VISI

Menjadi lembaga penelitian dan pengembangan mekanisasi pertanian unggul, menghasilkan teknologi mekanisasi pertanian yang bermanfaat bagi penggunanya.

MISI

Untuk mewujudkan visi tersebut BBP Mektan mempunyai misi sebagai berikut :
  1. Melakukan penelitian dan perekayasaan untuk menghasilkan teknologi mekanisasi pertanian inovatif, teruji, berdaya saing dan berhasil guna.
  2. Melakukan sinkronisasi program litbang mekanisasi pertanian dengan institusi pemerintah dan swasta terkait agar hasil litbang mekanisasi berhasil guna.
  3. Membangun kerjasama kemitraan dalam penelitian dan pengembangan mekanisasi pertanian serta transfer teknologi hasil penelitian dan perekayasaan.
  4. Menghasilkan bahan untuk perumusan kebijakan, rekomendasi dan informasi untuk pengembangan dan penerapan mekanisasi pertanian serta industri alat dan mesin pertanian di Indonesia.
  5. Membangun kemampuan institusi melalui pengembangan SDM yang handal dan sarana yang memadai. 
http://mekanisasi.litbang.deptan.go.id/ind/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar